INSERT TABLE & HEADER
INSERT TABLE DAN HEADER
A.
Cara
Membuat Table
Program MS Word juga menyediakan beberapa
fasilitas untuk membuat table yakni fasilitas Insert Table, Draw Table, dan ExcelSpreadsheet. Penggunaan masing – masing fasilitas ini pun cukup
mudah. Kita bisa memilih salah
satu fasilitas tersebut sesuai dengan kebutuhan. Yang pertama kita akan mencoba
dengan Fasilitas Insert Table, fasilitas ini menyediakan dua pilihan cara untuk
membuat Tabel.Cara pertama memiliki langkah yang lebih pendek dan ringkas,
sedangkan cara yang kedua membutuhkan langkah yang sedikit lebih banyak. Dan
berikut ini adalah langkah – langkah penggunaan fasilitas Insert Table.
1.
Pertama-tama masuklah ke dalam Tab Insert.
2.
Selanjutnya pilihlah perintah Table dan sorotlah kotak – kotak kecil
yang muncul. Kotak – kotak kecil ini mewakili jumlah kolom dan baris pada table
yang hendak kita buat.
3. Lantas klik tombol kiri mouse kita pada kotak terakhir
yang kita sorot yakni kotak di sudut kanan bawah.
4. Setelah itu kita akan mendapati tampilan awal table
yang telah muncul pada slide presentasi.
5.
Sementara itu bila kita ingin
menggunakan cara kedua, maka pilihlah kembali perintah Tabel dan klik opsi
Insert Table.
6. Atau kita klik
ikon Insert Table yang terdapat di
tengah slide.
7. Pada kotak dialokInsert Table yang muncul, masukkanlah
jumlah kolom di kotak Number of columns
dan jumlah baris di kotak Number of rows untuk
table yang akan kita buat.
8.
Jika sudah pilihlah tombol OK
sehingga muncul bentuk awal table di slide presentasi.
Cara membuat table berikutnya
yaitu dengan menggunakan fasilitas Draw
Table atau menggambar table bisa jadi merupakan fasilitas yang paling
menyenangkan untuk membuat sebuah table. Berikut ini cara penggunaannya.
1.
Pilihlah kembali perintah Table di Tab Insert dan klik opsi Draw
Table.
2. Selanjutnya klik dan drag untuk membuat garis terluar
table.
3. Selanjutnya pilihlah perintah Draw Table yang muncul pada Tab Design
Table Tools, perintah ini akan muncul bila sebuah tabel berada dalam
keadaan aktif.
4. Kemudian buatlah garis horizontal dengan cara klik dan
drag dari sisi kiri ke sisi kanan.
5. Ulangi langkah ini sehingga terbentuk baris – baris
pada bentuk awal table tersebut.
6. Berikutnya buatlah garis vertical dengan cara klik dan
drag dari sisi atas ke sisi bawah.
7. Ulangi langkah ini sehingga terbentuklah kolom – kolom
pada bentuk awal table tersebut.
8. Sementara itu bila terjadi kesalahan saat pembuatan
garis – garis table, gunakanlah fasilitas Eraser
Tool untuk menghapusnya. Caranya pilihlah Eraser Tool pada Design Table
Tool.
9. Sesudah itu kita akan mendapati bentuk kursor Mouse
telah berganti bentuk menjadi sebuah penghapus. Klik pada garis yang hendak di
hapus untuk menghilangkan garis tersebut.
Dan cara terakhir untuk
membuat table yaitu dengan fasilitas Excel
Spreadsheet, bila kita membutuhkan sebuah table yang memiliki kemampuan
untuk menghitung nilai, maka sebaiknya tambahkanlah table Excel Spreadsheet.
Dan berikut ini adalah langkah – langkah untuk membuatnya.
1. Pilihlah kembali perintah Table di Tab Insert dan klik
opsi Excel Spreadsheet.
2. Setelah itu kita akan mendapati table Excel
Spreadsheet yang berukuran kecil. Untuk membesarkan ukurannya, klik di sudut
kanan bawah table dan drag kearah kanan bawah.
3. Ketika sebuah tabel Excel Spreadsheet telah di
tambahkan dan berada dalam keadaan aktif, maka kita akan mendapati Ribbon Excel
muncul di jendela MS Powerpoint 2010 sehingga kita bisa menggunakannya untuk
mengolah data tabel Excel Spreadsheet.
4. Apa bila kita melakukan klik di luar table Excel
Spreadsheet, maka table tersebut akan berada dalam keadaan nonaktif. Untuk meng
aktifkan kembali, klik ganda di dalam area table.
B.
Cara Membuat Header
Cara membuat
atau menampilkan header pada halaman Ma Word cukup mudah karena semuanya sudah
tersedia sedemikian rupa sehingga sangat mudah digunakan. Meski beberapa versi
Ms Word menunjukan perbedaan yang signifikan tetapi secara umum masih sama
saja. Perbedaan biasanya terletak pada letak atau penyajian menunya.
Dalam
dokumen word, header adalah kalimat, angka, atau gambar yang terletak di bagian
atas dokumen dan terpisah dari bagian isi. Biasanya, header dibuat agar memuat
kalimat atau gambar yang sama untuk semua halaman tetapi kita juga bisa
mengaturnya agar header hanya tampil di halaman depan atau berbeda untuk setiap
halaman.
Berdasarkan pengerttian tersebut, maka kita bisa
mengetahui fungsi dari header itu sendiri. Pada dasarnya header berfungsi untuk
membuat cetakan yang berisi informasi tertentu dari bagian kepala. Informasi
tersebut dapat dibuat dalam bentuk tulisan ataupun gambar.
Ms Word bisa dibilang sangat lengkap karena
menyediakan berbagai model atau tipe header yang dapat kita pilih dan dapat
dengan mudah kita modifikasi sesuai keinginan. Hanya melalui beberapa langkah
sederhana kita sudah dapat menghasilkan header sesuai keinginan.
1.
Membuat Header Berlaku untuk Semua Halaman
a.
Buka dokumen Word yang ingin diberi header
b.
Klik menu insert > header > pilih model
header yang kamu butuhkan.
c.
Setelah header muncul, ketik tulisan header sesuai
keinginan.
d.
Untuk keluar dari area header, klik dua kali.
e.
Untuk memodifikasi, klik dua kali di bagian header
maka akan muncul header footer tools.
f.
Gunakan menu design untuk memodifikasi header
sesuai keinginan.
2.
Membuat Header Hanya Tampil di Halaman Pertama
a.
Buka dokumen Word yang ingin diberi header
b.
Klik menu insert > option > Different first
page
Dengan mencentang different first page, anda dapat menampilkan
header hanya ada halaman pertama saja atau pada setiap halaman dengan tulisan
atau informasi yang berbeda di setiap halamannya.
3.
Membuat Header Halaman Ganjil Genap
Kita juga bisa membuat header dengan model ganjil
genap. Dengan pilihan ini, kita bisa membuat header yang berbeda untuk setiap
halaman ganjil dan genap. Dengan kata lain setiap halaman ganjil akan memiliki
header yang sama dan setiap halaman yang
genap akan memiliki header yanh sama pula.
Berikut langkah-langkahnya:
a.
Buka dokumen Word yang ingin diberi header
b.
Klik menu Insert > header > pilih model
header yang diinginkan
c.
Jika header aktif maka akan muncul header dan
footer tools
d.
Lihat menu design > option > Different Odd
dan Even Pages
4.
Cara Menghapus atau Menghilangkan Header
a.
Buka dokumen yang ingin dihilangkan headernya
b.
Double klik pada bagian header agar muncul header
dan footer tools
c.
Pilih design > header > remove header
Komentar
Posting Komentar